Situs dan Prasasti Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Kalingga

SHARE:



Kerajaan Kalingga atau Ho-ling adalah sebuah kerajaan Hindu yang berdiri pada abad ke VI Masehi di Jawa Tengah (Jateng). Walau letak persisnya belum dapat diketahui, beberapa ahli menyimpulkan kerajaan ini berdiri di sekitar daerah antara perbatasan Kabupaten Pekalongan sampai Jepara. Sedikitnya sumber sejarah dan peninggalan Kerajaan Kalingga tentu menjadi pembatas sulitnya para ahli menyingkap keberadaan kerajaan ini di masalalu. Pada artikel kali ini proghita akan membahas tentang sumber-sumber dari sejarah tersebut dengan ditandai dengan peninggalan berupa candi, prasasti, atau arca dari peradaban kerajaan Kalingga yang masih tersisa hingga hari ini.

Tanda Peninggalan Kerajaan Kalingga

Asal muasal sejarah Kerajaan Kalingga sangatlah terbatas. Acuan utama yang digunakan para ahli mengungkapkan keadaan kerajaan ini adalah hanyalah dari catatan seorang pengembara dari Dinasti Tang bernama I-Tsing. Selain catatan-catatan I-Tsing, ada beberapa peninggalan seperti candi, arca, dan juga prasasti yang menjadi patokan dalam mengungkap keberadaan dan keadaan kerajaan ini di masa lampau.


1. Prasasti Tukmas


Peninggalan Kerajaan Kalingga yang kita bahas pertama adalah prasasti Tukmas. Prasasti ini ditemukan daerah di Kecamatan Grabak, Magelang – Jateng . Prasasti Tukmas bertuliskan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta lengkap dengan pahatan beberapa bentuk rupa gambar.

Prasasti Tukmas sendiri berisi tentang informasi adanya sungai di lereng Gunung Merapi yang airnya bening jernih, yang di ibaratkan seperti aliran sungai Gangga di India. Adapun gambar-gambar yang termuat di dalamnya adalah gambar kapak, kendi trisula, kelasangka, cakra dan bunga teratai. Gambar-gambar tersebut menjadi bukti bahwa kerajaan Kalingga memiliki hubungan tak terpisahkan dengan kebudayaan Hindu dari Negri India.

Letak di ketemukannya prasasti Tukmas yang cukup jauh dari perkiraan ibukota kerajaan juga membuktikan kalo cakupan wilayah kekuasaan dari Kerajaan Kalingga cukup lumayan luas.

2. Prasasti Upit



Prasasti Upit merupakan sebuah prasasti yang ditemuka di daerah Desa Ngawen, Kec. Ngawen – Kab. Klaten. Isi dari prasasti ini menceritakan tentang adanya sebuah perkampungan yang bernama kampung upit yang menjadi daerah perdikan (bebas pajak) karena penganugerahan dari ratu Shima. Perlu diketahui saat ini, prasasti upit tersebut disimpan di Museum Purbakala, Jateng (jawa tengah) di Prambanan, Klaten.

Selain meninggalkan beberapa prasasti, Kerajaan Kalingga pun meninggalkan bangunan Candi. Ada 2 candi peninggalan Kerajaan Kalingga, yaitu candi Angin dan candi Bubrah.

3. Candi Angin

Candi Angin diketemukan di Desa Tempur, Kec. Keling, Jepara – Jawa Tengah. Dinamakan candi angin sebab candi ini berdiri di atas daerah yang cukup tinggi, kendati terpaan angin sangat kencang dari waktu ke waktu, candi ini tetap kokoh dan tidak rubuh.

 Peninggalan Kerajaan Kalingga

Dari analisa karbon yang di lakukan para ahli, diperkirakan candi angin dibangun pada masa sebelum pembangunan Candi Borobudur. Tak terdapatnya ornamen-ornamen Hindu Budha menjadikan candi ini diperkirakan dibangun sebelum kebudayaan Hindu Budha berbaur dengan kebudayaan asli penduduk Jawa jawa saat itu.

4. Candi Bubrah

 Peninggalan Kerajaan Kalingga

Candi Bubrah diketemukan di area sekitar candi angin. Dinamakan candi Bubrah karena pada saat ditemukan, kondisi candi ini sudah luluh lantak (Jawa : Bubrah). Dari segi arsitektur dan gaya bangunannnya, candi ini kira-kira dibuat pada sekitar abad ke 9 Masehi dengan bercorak kental kebudayaan Budha. Candi yang dibuat dari bahan batu andesit ini berukuran 12 m x 12m. Saat diketemukan reruntuhan yang tersisa tingginya hanya kira-kira 2 meter saja.

5. Prasasti Sojomerto

Kemudian Prasasti Sojometro merupakan prasasti peninggalan Kerajaan Kalingga yang titemukan di wilayah Kabupaten Batang. Kenapa dinamakan Sojometro ? Karena prasasti ini ditemukan tepat di dusun yang bernama Sojomerto.

Prasasti Sojomerto sendiri bertuliskan dengan huruf Kawi dengan menguunakan bahasa Melayu Kuno. Dengan bentuknya ini, para ahli memperkirakan bahwa prasasti Sojomerto dibuat pada abad ke 7 Masehi.

Isi dari prasasti Sojomerto menceritakan tentang kondisi keluarga kerajaan Kalinga. Salah satunya adalah tentang pendiri kerajaan yang bernama Dapunta Sailendra. Dari nama tersebutlah, diperkirakan pendiri Kalingga berasal dari keturunan Dinasti Sailendra, penguasa Kerajaan Mataram Kuno di masa sebelum itu.

Demikian paparan singkat proghita.com  mengenai beberapa peninggalan Kerajaan Kalingga, entah itu berupa candi maupun yang berupa prasasti. Meskipun tak menguak banyak hal tentang sejarah Kerajaan Kalingga, peninggalan-peninggalan diatas hingga kini masih terawat dan terus dipelihara sebagai warisan budaya untuk generasi Indonesia yang akan datang.

COMMENTS

Nama

Adobe Audition,6,Entertainment,1,Health,3,Hot Gosip,1,Movies,1,Photography,5,Plug-in Gratis,7,Radio,2,Sejarah,1,Seni Budaya,1,Tech,4,
ltr
item
COOLKAS On BLOGSPOT: Situs dan Prasasti Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Kalingga
Situs dan Prasasti Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Kalingga
Asal muasal sejarah Kerajaan Kalingga sangatlah terbatas. Acuan utama yang digunakan para ahli mengungkapkan keadaan kerajaan ini adalah hanyalah dari catatan seorang pengembara dari Dinasti Tang bernama I-Tsing. Selain catatan-catatan I-Tsing,
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEwdvb-eHrz_avWEQ8gipt3Pk49sNS5BALhxUwywPQ-rzxjGp0aGxAigIRR3DL-nm91eLS1ocvPCUxLv3rNr96T52piSqdtEwn0AwjcXBzb1V5RX5rVnqhTPj5jR3HHmCsV2dET8nO61M/s320/prasasti+peninggalan+kerajaan+Kalingga.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEwdvb-eHrz_avWEQ8gipt3Pk49sNS5BALhxUwywPQ-rzxjGp0aGxAigIRR3DL-nm91eLS1ocvPCUxLv3rNr96T52piSqdtEwn0AwjcXBzb1V5RX5rVnqhTPj5jR3HHmCsV2dET8nO61M/s72-c/prasasti+peninggalan+kerajaan+Kalingga.JPG
COOLKAS On BLOGSPOT
http://coolkason.blogspot.com/2017/01/kerajaan-kalingga-atau-ho-ling-adalah.html
http://coolkason.blogspot.com/
http://coolkason.blogspot.com/
http://coolkason.blogspot.com/2017/01/kerajaan-kalingga-atau-ho-ling-adalah.html
true
1022136626528701456
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE TELUSURI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy